suratkabar.com

Japanese Yakimono
Bali Incense

Domain For Sale

suratkabar.com

News Indonesia SuratkabarCom

A Gift For You.....

Kendaraan Kepresidenan Bakal Tampil di Prangko
25/07/2004 (21:00)

JAKARTA (LoveIndonesiaPhilately) - Sejumlah kendaraan kepresidenan RI bakal ditampilkan dalam desain prangko Indonesia yang terbit tepat di HUT RI 17 Agustus mendatang. Sementara itu, menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XVI di Palembang, Sumatera Selatan, juga akan diterbitkan prangko dalam bentuk yang unik, yaitu berbentuk bulat. Prangko PON itu akan terbit 2 September 2004.

Prangko lainnya yang akan terbit adalah prangko seri flora dan fauna pada 5 November 2004, bertepatan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Menurut informasi yang diterima Pembaruan, desain prangko seri tersebut akan menampilkan gambar tanaman obat dan serangga.

Sementara itu, menyambut Hari Guru Nasional, akan terbit pula prangko seri guru. Desain yang ditampilkan adalah karya pemenang lomba desain prangko guru yang diikuti para siswa dan guru dari seluruh Indonesia beberapa waktu lalu. Lomba itu diadakan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan karya yang masuk ternyata banyak sekali.

Kini, kembali akan diadakan lomba desain prangko. Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Departemen Perhubungan, menyelenggarakan lomba desain prangko nasional dengan tema desain adalah 50 tahun KAA, dengan subtema "Semangat Perjuangan dan Inspirasinya bagi Masa Depan Bangsa". Lomba desain ini terbuka untuk umum, warga negara Indonesia. Peserta adalah perorangan, dan dapat mengirimkan desain karyanya maksimal dua buah. Desain yang dikirimkan harus merupakan karya asli peserta, bukan merupakan rekayasa, adaptasi, atau tiruan karya lain, dan belum pernah diikutkan lomba lain atau dipublikasikan.

Objek desain tentu saja harus sesuai tema dan sub tema, kemudian dibuat berupa lukisan, bukan fotografi dan bukan hasil rekayasa komputer. Desain dilukis di atas kertas gambar dengan posisi desain mendatar (horizontal) berukuran 28 x 14 sentimeter empat persegi panjang. Pada desain tidak perlu dicantumkan tulisan seperti Indonesia atau angka nominal prangko.

Untuk pemenang utama akan diberikan hadiah sebesar Rp 10 juta, sedangkan lima pemenang harapan masing-masing akan mendapat Rp 1 juta. Selain hadiah, desain yang berhasil menjadi pemenang utama juga akan dijadikan prangko seri "50 tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA)".

Desain yang telah selesai dibuat, dikirimkan paling lambat 17 Agustus 2004 ke Tim Penyelenggara Lomba Desain Prangko Nasional, Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi, Direktorat Pos, Gedung Sapta Pesona Lantai 6, Jalan Medan Merdeka Barat no.17 Jakarta 10110.

Pada saat dikirim, desain tidak boleh dilipat, dimasukkan dalam sampul (amplop) tertutup. Dilengkapi kertas yang memuat nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan atau sekolah, alamat lengkap dengan kode pos serta nomor telepon yang mudah dihubungi, uraian keterangan desain, dan pernyataan tertulis bahwa desain itu merupakan karya asli peserta dan belum pernah diikutkan lomba lain atau dipublikasikan, serta foto kopi identitas diri, misalnya KTP, SIM, atau kartu pelajar. (PR/B-8)
-----------------------------
Suara Pembaruan Daily
Last modified: 22/7/04


[an error occurred while processing this directive]

HOME | Today's News | Shopping | Add URL

Copyright 1999-2003 © SuratkabarCom Online