suratkabar.com

Japanese Yakimono
Bali Incense

Domain For Sale

suratkabar.com

News Indonesia SuratkabarCom

The Latest News.....

Pos, Filateli dan Riwayatmu Kini
03/03/2005 (21:00)

MEDAN (LoveIndonesiaPhilately) - From: "Efendy Nyoman"
List-Unsubscribe:
Date: Thu, 3 Mar 2005 18:26:00 -0800
Subject: RE: [PRANGKO] Tahun Ayam
Reply-To: PRANGKO@yahoogroups.com Pak Agus, Pak Richard, dan teman-teman;

Salam jumpa & sudah lama tidak membaca info fila yang sering Pak Agus muat di milis ini, ada sedikit tanggapan untuk prangko terbitan 2005, Juga terbitan tahun sebelumnya, Kenyataannya banyak sekali seri prangko/ss yang tidak jadi terbit di tahun2 sebelumnya, padahal sudah terprogram dan disebarkan Pos melalui brosur maupun media ini, kita tidak pernah tahu kenapa & juga kelanjutannya apa, seperti contoh rencana tahun sebelumnya Pos akan menerbitkan tema sepeda motor kuno, CK Sinpex 2004, juga seri joint-issue china dan seri lainnya tidak pernah ada penjelasan kelanjutannya, apa hanya akan tinggal kenangan semata atau kalau ada apalagi "usaha" yang akan dilakukan oleh Pos untuk menerbitkannya di tahun-tahun mendatang?

POS (dalam hal ini dirjen pos; orang-orang yang bertanggung-jawab terhadap penerbitkan prangko Indonesia, harusnya adalah personil yang kompeten dan penuh inovasi dan kreatifitas dalam menyusun, mendisain dan yang paling penting "bagaimana cara memasarkannya dan laku di masyarakat"

Dengan jumlah penerbitan yang hanya berkisar 8-12 seri prangko setahun, seharusnya masih tersedia cukup banyak waktu dan tenaga untuk mendesain Seri prangko "yang menarik dan cepat laku" serta dapat diterima kalangan filatelis maupun masyarakat pemakai jasa pos.

Beberapa tahun terakhir ini Pos hanya "sanggup" menerbitkan prangko yang berkisar 200-300 ribu keping per seri penerbitan, inipun menurut hasil survey mereka dan pada realitas memang demikian, jumlah cetak yang sedemikian minimnya sehingga menjadi sangat ironis jika dibandingkan dengan jumlah populasi masyarakat Indonesia yang sudah mencapai hampir 250 juta (perbandingannya kira-kira 1 keping prangko untuk 1000 orang) Jika diasumsikan diantara 1000 penduduk Indonesia hanya ada satu orang saja yang berminat membelinya, baik itu dipakai untuk mengirim surat atau buat dikoleksi ataupun sebagai kenang-kenangan, maka dapat dibayangkan setiap terbit prangko tema/topik apapun akan habis terjual dalam sekejap!

Tetapi hipotesa ini tidak berlaku buat Pos Indonesia, pada kenyataannya prangko dimaksud masih dapat dibeli di banyak kantor pos bahkan sampai beberapa bulan ke depan.(informasi ini perlu diketahui seluruh filatelis maupun pengumpul prangko, baik yang masih aktif maupun tidak lagi, ke depan prangko terbitan 2001-hingga sekarang akan merupakan "barang yang susah dicari" walaupun tidak bisa dikatakan langka, karena ini semua termasuk dalam skenario-nya Pos Indonesia dalam menentukan dunia filateli Indonesia di masa depan. Prangko edisi tahun terakhir ini akan seperti prangko terbitan tahun 1970-an yang harganya sudah sulit dijangkau baik oleh filatelis pemula maupun kalangan yang uang sakunya pas-pasan.

Bicara tentang uang saku(sumber dana), masa-masa ini adalah masa krisis multi-lapis, mulai dari krisis moneter hingga lonjakan BBM baru-baru ini, biaya kebutuhan hidup sudah melampau batas kemampuan rata-rata, pihak Pos seyogianya "dianjurkan" tidak menerbitkan lagi prangko-prangko berseri yang isi tiap serinya bisa mencapai 10 hingga 30 keping prangko, jika harga satu keping nilainya Rp.1.500,- maka buat membeli setiap satu edisi/seri akan membutuhkan dana Rp. 15.000 hingga 45.000 (bayangkan dengan seri cerita rakyat yang diterbitkan Pos sejak tahun 1998 hingga 2006 nantinya, total ada 9 seri dengan jumlah masing-masing 20 keping prangko, jika diasumsikan ada filatelis pemula yang ingin membeli paling sedikit dibutuhkan dana sebesar Rp. 200.000,- (nilai aktual 9 seri berisi masing-masing 20 keping prangko). Ini masih belum termasuk carik kenangan(SS), serta produk varian lainnya.

Dengan jumlah keping (selanjutnya disingkat v) prangko seri cerita rakyat yang sedemikian fantastis, sekitar 180 v dengan perkiraan seri 2006 juga terbit dalam jumlah yang sama, mungkin Pos Indonesia sudah menciptakan rekor baru di dunia filateli dengan jumlah v prangko yang demikian banyaknya hanya dalam satu seri.

Ini masih belum apa-apa (buat pihak Pos minus kalangan filatelis), masih ada seri-seri lain yang tidak kalah bersaing, masing-masing mengekor dengan jumlah v yang lumayan banyaknya, seperti seri flora fauna sejak tahun 1995-98(@10v) kemudian berlanjut hingga sekarang @ 6v , seri Tata Surya ada 20v dan mungkin masih akan terus berlanjut, seri Puspa NKRI 2004 yang berjumlah 30v, dan yang terakhir seri makanan tradisional (kabarnya akan terus berlanjut laksana cerita rakyat?

Bisa dibayangkan betapa hebatnya perancang prangko kita sekarang ini... Pos pada saat ini sudah jauh menelantarkan masyarakat filatelis tanah air!

Pada edisi tahun 1980-1990 dan berlanjut hingga 1997 jumlah keping prangko yang terbit dalam satu seri tidak pernah melewati 7-8v itupun dengan nilai uang masa itu berkisar Rp. 75,- hingga Rp.300,- Sekarang dengan dengan jumlah cetak per tahunnya hanya 12 seri per tahun, memang jauh dibawah jumlah terbit sebelum tahun 2000, yang rata-rata 20-25 seri per tahun.

Tetapi Pos tidak menyadari atau memang tidak peduli, pada kenyataannya jumlah keping prangko yang terbit sejak 2000 ke atas jauh melebihi jumlah keping yang diterbitkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini menimbulkan efek domino, karena bagi filatelis disamping harus susah payah mengumpulkan satu seri lengkap yang lumayan banyaknya, juga harus merogoh koceknya lebih dalam lagi, belum lagi ketersediaan album prangko yang layak (yang umumnya harus diimpor, karena tidak ada lagi produk lokal).

Juga perlu disadari prangko rancangan Pos seperti cerita rakyat, tata surya, puspa NKRI adalah jenis lembaran prangko yang sulit ditempatkan dalam album standar.

Bukan masalah lagi berapa jumlah seri per tahun terbit, tetapi seharusnya dibatasi jumlah keping setiap prangko yang diterbitkan, jika Pos masih memakai prosedur baku, satu seri prangko hanya maksimal 4v, maka jumlah v per tahunnya hanya dibatas 48v, jika nilai 1v Rp. 1.500,-, maka jumlah total Per tahun cukup Rp. 72.000 ditambah dengan CK dan varian lainnya dalam setahun penerbitan dana yang dibutuhkan berkisar Rp 100.000 s/d Rp.150.000,- Jumlah v yang ideal adalah 2-4-6-8 per seri sesuai standar dunia, walaupun kadang terbit juga dalam angka ganjil 3-5-7.

Prangko peringatan apalagi yang berafiliasi dengan UPU maupun peristiwa dunia, cukup 1v saja, misalnya Peringatan 100th Rotary International yang jatuh pada tanggal 6 Maret 2005, Pertemuan Toba Summit antar gubernur dunia (NRG4SD) pada 10 Maret 2005 di Parapat, sayang sekali peristiwa abad ini seakan "terlupakan" oleh Pos. Prangko untuk memperingati Tsunami Aceh atau setidaknya berupa sampul SP sudah "wajib" diterbitkan oleh Pos dalam waktu secepatnya, di samping bisa menggalang dana dengan menambah "surcharge" atau biasa disebut prangko amal, juga dana terkumpul dapat disalurkan ke Aceh dan daerah bencana alam.

Pada kenyataannya bencana alam maha besar abad ini telah mengundang banyak tokoh-tokoh dunia yang datang berkunjung dan mengulurkan bantuan yang tiada hentinya, itupun telah luput dari ide/kreatifitas para "tokoh" Pos kita.

Pos tidak harus risih ataupun tertutup terhadap masukan/kritikan dari luar, sebagai perusahaan yang besar dan terbuka untuk umum, seharusnya Pos sudah ada team-work yang handal yang khusus menangani perfilatelian Indonesia. Kita tidaklah kurang bergaul, tetapi kenyataannya Pos hingga kini ??? belum pernah menjalin kerja-sama terbit (joint issue) dengan Pos tetangga sesama Asean?

Apalagi harus menjalin hubungan dengan tetangga jauh seperti China, Jepang, Arab dll, fakta yang ada ternyata sejak Pos lahir sampai sekarang baru ada dua seri joint issue yang terbit(Pakistan 1994, dan Australia 1996) Pada penerbitan 2005 ada rencana gabung-terbit dengan negara Slovakia, entah topik menarik apa yang cukup menarik dan memiliki kesamaan dengan negri kita, Tetapi jika kita melirik sesama tetangga Asean, kiranya akan banyak topik flora dan fauna kita yang mempunyai asal-usul yang sama. Untuk mengetahuinya cukup mebuka di situs internet, dan Pos sudah bisa menjalin hubungan gabung-terbit tanpa harus menghabiskan biaya perjalanan dinas ke luar negri.

Topik hewan tapir, badak, harimau dan banyak hewan liar yang dilindungi memiliki banyak kesamaan dengan negara seperti Malaysia, Vietnam, Myanmar dan Laos. Beberapa jenis burung lokal dan migrasi juga banyak terdapat kesamaan yang hampir merata di semua negara Asean.

Burung cendrawasih antara Irian Barat dengan kerabatnya di Papua Nugini (PNG) juga merupakan topik favorit dan memiliki nilai jual yang tinggi, dan yang pasti akan menarik minat banyak filatelis nasional maupun manca negara.

Ada beberapa permintaan kita kepada pihak Pos, kiranya dapat dipertimbangkan dan diwujudkan di tahun-tahun mendatang, mudah-mudahan filateli negri ini akan lebih berkembang dan disukai semua orang, a.l:

1. Pos wajib menerbitkan buletin yang berisi rencana terbit prangko dalam edisi satu tahunan. Bukan seperti 3 tahun terakhir ini jadwal terbitnya dicetak diatas lembaran kalender berukuran A1, disamping ukurannya yang lumayan besar, juga penyebarannya tidak merata karena jumlah cetak yang terbatas. Cukup diatas lembaran A4 yang dapat dilipat dan dapat disebar merata hingga ke daerah, atau kalau memungkinkan dapat diterbitkan lagi buletin prangko 3 bulan sekali seperti di masa lalu.

2. Sejatinya setiap akan terbit prangko baru, sudah ada selebaran yang disebar ke daerah tentang rincian jumlah cetak, varian lainnya seperti CK, SHP dan lain sebagainya. Bukan seperti selama ini yang terjadi di daerah, terutama di Medan, prangko sudah terbit tetapi brosur detil prangko baru tiba berminggu kemudian.

3. Kalau memungkinkan, topik/tema yang kurang populer seperti makanan tradisional,luar angkasa, memancing, atau tema peringatan yang tidak masuk prioritas dapat diminimalkan. Seharusnya sudah ada dalam rancangan Pos, misalnya satu tema cukup diterbitkan 1 kali dalam 5-10 tahun, dan topik yang favorit seperti flora & Fauna dapat dimasukkan sebagai jadwal terbit setiap tahun (Ini sudah dilakukan Pos sejak 1993 lalu, akan tetapi akan lebih baik kalau dicetak secara terpisah antara flora dan fauna, ini akan memudahkan filatelis menyusunnya dalam album sesuai klasifikasinya.

(Ada saran untuk tema ini, misalnya penampilan gambar serangga atau kupu- kupu dengan bunganya, hewan dengan habitatnya, burung dengan pohon kesukaannya. Ini didesain cukup dalam satu keping prangko saja)

4. Tema seperti zodiac (shio) tidak pernah diterbitkan Pos. Padahal banyak diterbitkan di hampir semua negara di Asia, Amerika, Kanada, Australia dan bahkan di banyak negara di Afrika. Ada beberapa plesetan terbitan tahun sebelumnya di negri kita; tahun Kerbau (Makassar'97), Harimau (Singpex'98), Kelinci (China Stampex'99), dan Naga (Bangkok 2000). Setelah itu tidak ada sama sekali lagi. Tetapi ada lelucon di kalangan filatelis kita, tahun ular 2001 diterbitkan juga dalam edisi cerita rakyat, tetapi yang tampak hanyalah samar-samar adalah seekor 'cacing'.

Yang menjadi tantangan apakah Pos berani menerbitkan seri Zodiac, padahal 1 keping pun cukup, jika permasalahannya ada satu varian dari 12 hewan shio itu merupakan "in-halal" bagi kalangan tertentu.

Pos tentunya bisa menggantikannya misalnya denga hewan langka Anoa, atau rumah adat Batak /Toba dengan lingkungannya, cara berburu masyarakat Dayak, atau panorama di Papua dimana hewan ini merupakan pandangan sehari-hari di hampir seluruh pelosok negri, lalu kenapa kita merasa 'ogah' menampilkannya hanya diatas selembar prangko.

Bukankah didalam desain teknologi sekarang ini gambar seekor babi bisa diubah menjadi seperti kancil atau rusa. (seperti cerita ular menjadi cacing diatas) Yang penting tema ini merupakan yang terfavorit di Asia dan juga dibelahan dunia lainnya, juga memiliki nilai jual tinggi dan paling dicari kalangan filatelis dewasa ini.

Selanjutnya kita hanya bisa berharap Pos suatu hari akan berbenah-diri juga.


Efendy Nyoman
Anggota PFI Medan
Ketua Medan Stamp Club (Maphila)
P.O.Box 1034 Medan 20001
Email: maphila@indosat.net.id  


Message:


* Pak Agus Wahyudi, maaf kalau emailnya terlalu panjang, awalnya hanya
ingin ngomong tentang jadwal terbit aja, tetapi sampai kebablasan semua
uneg-uneg ini dikeluarkan, mohon dapat dimaafkan kalau sampai bosan
membacanya atau tergores gading karena kritikan.
* Pak Richard Susilo, mudah-mudahan ini dapat juga disalurkan dalam
versi artikel di Kompas/SP yang Bapak kenal agar dapat berbagi rasa
dengan sesama filatelis. Soalnya saya kurang familiar di pers. Informasi
ini sebenarnya sudah lama disimpan, jika ditambah/edit lagi dengan
pengalaman Bapak, ini akan menjadi artikel yang cukup bermanfaat bagi
semuanya
* Buat Pak Pos, mudah-mudahan usulan diatas dapat bermanfaat dan
diterima iklas apa adanya, dan terutama kalau Pos memang peduli terhadap
filateli, itu kantor sekretariat dan ruang pertemuan PFI Cabang Medan
wajar dihidupkan lagi, bukan seperti kejadian Agustus tahun lalu digusur
sampai habis sewaktu penggantian KP, hingga kini anggota PFI di Medan
sudah tercerai-berai!


End of Message.




>From: Agus 
>To: prangko@yahoogroups.com,"Richard Susilo" 
>Subject: Tahun Ayam
>Date: Wed, 23 Feb 2005 08:55:57 +0700
>
>Rekan2 filatelis,
>
>Tahun Ayam telah kita jelang pada 9 Februari 2005, Gongxi Fatcai. 
>Sukses dan Lancar Rejekinya ya!
>
>Adapun Jadwal Penerbitan tahun 2005 seperti yang telah dicetak pada 
>Poster Kalender bersama promosi penerbitan prangko seri CERITA 
>RAKYAT 2 Februari 2005 :
>1.      tanggal 2-2- Cerita Rakyat
>2.      tanggal 10-4 50 tahun Konferensi Asia Afrika
>3.      tanggal 5-6 Peduli Lingkungan
>4.      tanggal 6-7 Makanan Tradisonal
>5.      tanggal 17-8 Presiden dan Wakil Presiden RI
>6.      tanggal 17-9 Ekspedisi Perahu Borobudur
>7.      tanggal 27-9 Obyek Wisata
>8.      tanggal 24-10 Tahun Internasional PBB/PSMI (Tentatif)
>9.      tanggal 5-11 Flora Fauna
>
>Adapun informasi penerbitan prangko seri CERITA RAKYAT 2 Februari 
>2005 (detail teknis) : (harap maklum tidak lebih detail, ukuran dan 
>perforasi tidak tercantum)
>kode produksi 051001
>キ       Jenis prangko, istimewa
>キ       Jumlah cetak, 100.000 set (5 x 4)
>キ       Harga, @ Rp 1500,-
>キ       Perancang,
>o       Pidi Baiq
>o       Lebah Madu
>o       Yana Surya
>o       InSIGHT
>キ       Pencetak, Perum Peruri
>キ       Desain Cerita Rakyat kali ini,
>o       Lahiote, Gorontalo
>o       Kolam Putri, Kepulauan Riau
>o       Batu Balai, Bangka Belitung
>o       Bulan dan sagu di Ibuanari, Papua
>
>Carik Kenangan
>o       30.000 set @ Rp 6.000,-
>o       Perancang, Dendi Suryanadi
>
>Sampul Hari Pertama
>o       4.000 set (4 buah)
>o       Harga per set, Rp 36.000,-
>o       Perancang, Tata Sugiarta
>
>Penerbitan kali ini merupakan kali ke-8, dengan demikian sudah 
>terkumpul 32 cerita rakyat dari propinsi di seluruh Indonesia. 
>Meskipun begitu belum dapat dikatakan seri penerbitan terakhir 
>(recently bukan last) karena kita belum tahu perkembangan politik di 
>tanah air. Dulu kita kenal 27 propinsi tapi sejak era reformasi 
>propinsi-propinsi banyak yang dipisah dengan berbagai maksud, untuk 
>mempercepat perkembangan pembangunan, otonomi daerah bahkan otonomi 
>khusus.
>Masih ingat penerbitan prangko seri NAD beberapa tahun lalu? 
>Yakinkan pula, kelak bila ada propinsi baru Dirjen Postel segera 
>pula menerbitkan pula prangko seri-seri lanjutan. Untuk tidak 
>menunggu seri yang sudah ada, sejak tahun 2004 diawali penerbitan 
>prangko seri Makanan Tradisional Indonesia.
>
>Komentar :
>Kalau sempat memperhatikan di lembar Poster Kalender tersebut 
>diperkenalkan Tagline baru dari Pos Indonesia untuk layanan filateli 
>: FILATELI FUN & EASY, menggantikan Tagline yang sudah lama 
>diperkenalkan meski kurang dapat dibuktikan. Semoga lebih dapat 
>diterima masyarakat filateli.
>
>Kalender yang dimaksudkan selain untuk menunjukkan waktu berupa 
>tanggal, hari dan bulan, semestinya juga untuk menunjukkan kapan 
>penerbitan prangko, sehingga pada angka tanggal diberikan tanda 
>khusus (warna berbeda atau angka lebih besar). Kali ini di kalender 
>hanya ditunjukkan kapan terdapat HARI LIBUR (warna merah).
>
>Pada penerbitan tanggal 24 Oktober seri Tahun Internasional PBB/PSMI 
>(Tentatif), semestinya tanggalnya ada 2, yaitu 9 Oktober, karena 
>tanggal mulai dilaksanakan PSMI.
>
>Penerbitan seri Cerita Rakyat 2005, tidak tercetak di poster dan 
>brosur tentang informasi bahwa desain belum final sehingga akan 
>ditemukan perbedaan pada saat dicetak. Perhatikan gambar Carik 
>Kenangan, dicetak 30.000 lembar tapi nomor CK tertulis 12345/20000.
>
>Pameran filateli bergengsi di luar negeri tahun 2005 diselenggarakan 
>di Sydney Australia 21-24 April 2005 dengan judul PACIFIC EXPLORER 
>2005, WORLD STAMP EXPO. Pos Indonesia ikut partisipasi khan dan akan 
>ada penerbitan khusus?
>
>Koleksi filatelis Indonesia berapa banyak yang sudah didaftarkan di 
>Pameran Kompetisi tersebut? Rombongan delegasi Indonesia kabarnya 
>akan dipimpin Komisioner Nasional yang diusulkan, Pak Koes Karnadi? 
>Bagi-bagi bulletinnya dong, bagi siapa saja yang sudah punya.
>
>Mana Informasinya?
>Peringatan Konferensi Asia Afrika sedang disiapkan jauh-jauh hari 
>oleh Panitia di Indonesia. Menurut cerita jembatan layang di Bandung 
>yang diberi nama Pasopati akan menghubungkan jalan Pasteur dengan 
>jalan Surapati dibangun untuk menyongsong peristiwa besar tersebut. 
>Pemerintah RI, Pemda Jabar maupun Pemkot Bandung ingin acara 
>tersebut sukses bahkan saat ini beberapa patung di Bandung sedang 
>direnovasi, jalan-jalan diperbaiki, kawasan K-5 ditertibkan. 
>Gedung-gedung dicat ulang agar tampil rapi dan menarik, 
>setidak-tidaknya seperti aslinya saat KAA diselenggarakan tahun 1955 
>dulu. Bahkan jalan toll Padalarang dan Purwakarta, rel ganda KA arah 
>Bandung  Jakarta adalah dimaksudkan untuk menyambut tamu-tamu dari 
>manca negara tersebut. Sekarang Februari, bulan April tinggal 
>beberapa minggu lagi (6). Keburu nggak?
>
>Dulu・. direncanakan pada penyelenggaraan peringatan KAA tersebut 
>secara bersamaan juga dilaksanakan Panfila plus Rapat Tahunan 
>Nasional PFI yang sempat tertunda-tunda, di Semarang batal, 
>sedangkan di Surabaya 16-21 Desember 2004 lalu hanya merupakan 
>Festival dan Pameran Filateli Nasional SOERABAIJA 2004. Lalu?
>
>Pada tanggal 16 Februari 2005 telah dilantik pejabat baru Kepala 
>Unit Bisnis Filateli yaitu Bapak TUWUH WIDODO, Nippos 963291932, 
>Lahir, 14-01-1963, tugas sebelumya sebagai Kepala Wilayah Usaha Pos 
>X di Makassar. Selamat bertugas, semoga filateli Indonesia semakin 
>maju dan sukses.
>
>Salam filateli,
>
>Agus Wahyudi
>
>Kontak?
>Fax, 0711-317985
>SMS, 08170204499
>Pos-e, wahyudi@posindonesia.co.id
>Postal Address : Jalan Kapten A Rivai no.63 Palembang 30135




HOME | Today's News | Shopping | Add URL

Copyright 1999-2005 © SuratkabarCom Online