suratkabar.com

Domain For Sale

suratkabar.com

News Indonesia SuratkabarCom

A Gift For You.....

Filateli, Masih Ada yang Suka Enggak Sih?
28/03/2004 (21:00)

JAKARTA (LoveIndonesiaPhilately) - ENGGAK terasa tahun ini, tepatnya 29 Maret 2004, Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) akan genap berusia 82 tahun. Buat yang baru dengar filateli, ini adalah hobi mengumpulkan dan mempelajari prangko dan benda-benda pos lainnya. Jadi yang dikumpulkan bukan cuma prangko saja.

Filatelis, sebutan bagi yang hobi koleksi filateli, mengumpulkan juga sampul (amplop) surat dan kartu pos yang dikirim melalui kantor pos, kartu weselpos, sovenir sheet -- semacam prangko tapi lembaran pinggirnya lebih besar -- bahkan ada juga yang mengumpulkan meterai dan lainnya.

Hobi ini ternyata banyak manfaatnya. Selain melatih kesabaran, ketelitian, dan kerapian para filatelis, juga mengembangkan wawasan dan ilmu pengetahuan dengan mempelajari benda-benda filateli yang dikoleksinya. Di luar itu, karena hobi ini mendunia dan saat ini diperkirakan ada lebih dari 30 juta filatelis di seluruh dunia, maka tumbuh pula persaudaraan lewat kegiatan tukar-menukar benda filateli.

O ya, tadi kan dibilang bahwa filateli melatih kesabaran, ketelitian dan kerapian. Ini memang benar, karena kalau kita mau mengumpulkan koleksi benda filateli dengan baik dan benar, yang perlu sabar, teliti dan rapi. Enggak disimpan sembarang, yang nantinya bakalan bikin benda filateli koleksi kita malah jadi rusak dan nggak berharga lagi. Sayang kan?!

Filateli juga hobi yang lumayan hebat, lho. Tiap tahun ada kompetisi, baik di tingkat lokal, nasional, maupun dunia. Pada kompetisi yang namanya pameran filateli itu, para filateli berlomba memamerkan koleksinya yang dilengkapi dengan keterangan-keterangan tertulis hasil riset mereka. Nah, seperti juga kompetisi lainnya, ada pembagian medali buat koleksi yang dianggap baik. Mulai dari medali emas, perak, perunggu, dan macam-macam lagi.

Masalahnya, sekarang ini masih ada yang suka nggak sih untuk berfilateli? Ternyata peminatnya tetap ada, lho. Bahkan tiap tahun, ada saja peminat baru yang menjadi filatelis. Jadi, walaupun prangko penggunaannya makin berkurang, karena kebanyakan yang menggunakan e- mail dan SMS/MMS, tetap saja ada yang senang mengoleksi prangko dan benda-benda filateli lainnya.

Apalagi sekarang, desain dan warna prangko semakin indah saja. Selain itu, prangko ternyata juga mempunyai potensi sebagai benda berharga. Ada kecenderungan harga prangko makin meningkat dari tahun ke tahun, dibandingkan waktu pertama kali dibeli di kantor pos. Prangko-prangko lama dan langka, kini harganya sudah cukup tinggi. Bukan sekadar jutan rupiah, tapi mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Tapi tentu saja kalau baru mulai mengoleksi prangko, nggak perlu koleksi yang mahal-mahal. Bisa dimulai dengan mengoleksi prangko-prangko yang dapat dibeli di kantor pos.

Bagi kamu yang bener-bener mau serius, bisa juga menghubungi Pengurus Pusat PFI di Jalan Pos no.2 Jakarta 10710. Sedangkan yang mau beli prangko-prangko untuk koleksi, bisa menghubungi Bagian Filateli PT Pos Indonesia di Jalan Cilaki 73 Bandung 40115 atau Jalan Pos no.2 Jakarta 10710. Oke, selamat ber-filateli!(Dina/W-9)
----------------------------------------------------------------------
Last modified: 25/3/04
Suara Pembaruan 28 Maqret 2004


HOME | Today's News | Shopping | Add URL

Copyright 1999-2003 © SuratkabarCom Online